panelarrow

Sabtu, 29 Maret 2014

DIKSAR CA PALAFI Angkatan VII

Pada tanggal 9 Maret 2014 PALAFI (Pecinta Alam Fisika) mengadakan Diksar Ruang yang merupakan serangkaian kegiatan PAB(Penerimaan Anggota Baru) dengan 17 peserta. Dalam diksar ruang, Panitia menyajikan Materi PPGD, Materi Tali-temali, Materi SAR, Materi Bivak dan lain sebagainnya. Dengan penuh semangat para peserta antusias dengan materi yang disajikan oleh Panitia setelah dinyatakan lulus Pradiklatsar oleh pengurus yang sebelumnya  berjumlah 23 peserta. 

Materi yang disajikan sangat bermanfaat sekali untuk peserta, karena materi tersebut akan diterapkan oleh peserta diksar ruang di Diksar Lapangan pada tanggal 14-16 Maret 2014. Jadi, peserta dituntut untuk menguasai semua materi yang sudah disajikan oleh Panitia, karena sangat bermanfaat sekali saat berada dilapangan. Diksar ruang dimualai dari pagi hingga sore hari, dibuka dengan semangat dan ditutup dengan semangat pula.

5 Hari kemudian, tanggal 14 Maret 2014- 16 Maret 2014 ke-17 peserta diksar ruang  akhirnya mengikuti Diksar Lapangan yang diadakan di sekitar Promasan, Ungaran. Sekitar Pukul 17.00 WIB 17 Peserta dan 19 Panitia Berangkat dari parkir atas FMIPA UNNES dengan menggunakan truk menuju ke SDN Sidomukti 02 tujuan melalui jalur Bandungan. Sekitar Pukul 18:15 WIB akhirnya Peserta dan Panitia sampai di SDN Sidomukti 02 , tidak lupa sholat Magrib di Mushola setempat. Selesai Menjalankan Sholat Magrib, Perjalanan dilanjutkan menuju ke Mawar. Kira-kira Hampir pukul delapan malam peserta sampai ke Mawar. Setelah Sholat Isya' dan makan bersama, peserta dilepas oleh Panitia dan melanjutkan perjalanan sendiri sampai ke Helipad, disini peserta dituntut untuk bisa mengatur waktu perjalanan, pembagian posisi dalam pendakian (pembagian leader, sweeper, p3k, dll), dan pukul 23:03 WIB peserta sampai di Helipad. Setelah beristirahat sebentar, Pembuatan Bivak oleh Peserta dilakukan, disini Peserta dituntut untuk siap pada kondisi hanya memiliki Jas Hujan/ponco dalam posisi terdesak dan harus bisa membangun tempat peristirahatan dengan cepat dan layak, serta nyaman dan terhindar dari binatang yang tidak diinginkan . Dengan membagi menjadi beberapa kelompok, akhirnya 5 Bivak berdiri, saatnya peserta istirahat.

Bulan bundar menghias malam menjelang pagi yang dingin. Peserta bangun untuk menjernihkan fikiran, bercerita tentang langkah-langkah yang baru saja mereka tapaki dan asing itu. Menjalani detik detik dingin bersama Tujuh-Belas rekan yang akan menjadi keluarga BARU bagi mereka. Tak terasa, detik dingin itu menghangat. Matahari mulai membakar semangat para peserta Diksar Lapangan , Subuh yang baru saja mereka lewati, subuh yang mungkin tidak akan dilupakan oleh para hati itu.

Pagi bersama daun teh, membentang . Dengan semangat, Pos Wide Game dengan rahasia didalamnya menyambut para peserta. Dengan bekal makan secukupnya, Peserta penuh semangat melewati Pos-Pos yang akan mereka tuju. Tersesat, Berjalan Bolak-balik, Kompas tak kenal lelah membantu mereka dalam menentukan posisi, Otak, hati, ketelitian, kerjasama, kekompakan memang harus
mereka lewati dan rasakan disini. Tujuan agar Peserta Terampil dalam menentukan posisi, mantap dalam memilih, mengingat dalam waktu genting dan dapat bekerjasama dalam melakukan suatu hal.Dimulai dari pukul 07:00 WIB hingga 11:00 WIB. Semua Peserta akhirnya dapat menyelesaikan Pos penuh kejutan itu.

Setelah Terik yang amat terik, Rakaat mulai terpenuhi, Persiapan Simulasi SAR sudah siap. Panitia telah menempatkan diri di koordinat dan radius yang telah disiapkan. Terdengar kabar bahwa ada 3 korban, 2 Lelaki dan 1 Wanita. Tim SRU dari Peserta sudah siap dalam pencarian. Tapi, FATAL. Tim SRU yang dibentuk Peserta kocar-kacir. Kompasman terlalu jauh membaca kompas dan Tim SRU kembali keposisi semula dan mencoba dari awal kembali. Hingga beberapa Jam kemudian menemukan Korban, lalu menemukan korban lagi, dan menemukan korban lagi. Ciri-ciri yang tertera dalam dokumentasi ternyata tidak benar, wanita dalam ciri-ciri tidak sesuai dengan yang sudah ditemukan. Tim SRU kocar-kacir. OSC berada entah dimana dan SMC belum juga mendapatkan Laporan Penemuan Korban. Hingga akhirnya Penelusuran yang entah dengan tehnik sisir atau apa itu membuahkan hasil, Korban Wanita yang sebearnya ditemukan. Tim SRU berhasil menemukan 3 korban dengan 1 tambahan korban tidak dikenal dengan keluhan penyakit yang lumayan parah tapi Tim SRU gagal dalam mengkoordinasi Tim-nya sendiri. Dengan tujuan bahwa Peserta siap dengan ilmu PPGD, ilmu bidik, kepemimpinan, kerjasama, koordinasi, managemen waktu dalam Simulasi SAR ini, ternyata Peserta harus lebih banyak belajar ilmu- ilmu yang dipergunakan dalam SAR seperti yang tersebut diatas.


Sore berubah menjadi malam, Lorong berpintu menyambut para peserta. Dengan 2 lilin dan 1 korek api, 17 Peserta memasuki lorong itu, mengambil tanda pecinta alam. Dengan tujuan Menumbuhkan keberanian, kerjasama, managemen waktu dalam memanfaatkan lilin yang hanya 2 batang untuk 17 orang. Dua per-dua, hingga akhirnya semua tanda pecinta alam itu berada ditangan masing-masing peserta. tapi, waktu molor sampai 30 menit. Tanda Pecinta Alam itu, hangus oleh 30 menit yang terbuang.

Malam berganti setengahnya lagi, memantapkan peserta untuk kelulusan diksar. hingga 17 tanda pecinta alam kembali ke tangan peserta, bulan bundar menemani lagi, peserta tidak siap untuk esok paginya, kertas berjejer berisi nasi dan lauk seadanya, SARAPAN BERSAMA PANITIA + PESERTA. Akhirnya, 17 Peserta lolos dalam diksar Lapangan CA PALAFI Angkatan VII. tekad, kerjakeras, kemauan dan akirnya tercetak gambar senyum para Calon Penerus PALAFI.



Yang tak terlupakan oleh CA PALAFI Angkatan VII adalah berjalan dari promasan, ungaran hingga ke Kampus UNNES BERSAMA dan berhasil dengan rasa haru dan bangga, serta kehausan.Semoga, kekompakan ke-17 CA PALAFI Angkatan VII terjalin dengan baik dan dapat menjadi anggota palafi yang rendah hati serta pemberani, kelak.








0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak. Segala jenis komentar yang provokatif, menyinggung SARA dan berbau pornografi akan dihapus tanpa konfirmasi oleh admin. Terima kasih.

Copyright © PALAFI UNNES (Pecinta Alam Fisika) | Powered by Blogger
Design by AnarielDesign | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com